Apa anda berencana menikamati liburan di Bali? Sudahkah memilih Hotel yang akan anda gunakan untuk menginap? Nah, jika belum ada baiknya anda mempertimbangkan Hotel Melati yang terdapat diseputaran Kota Denpasar ini, Hotel Gedong Ayu. Hotel ini dapat dicapai dengan waktu tempuh sekitar 30 menit dari Ngurah Rai International Airport  dan sekitar 15 dari pusat Kota Denpasar. Hotel yang berada  di JL. Padanggalak, Sanur ini dikelilingi oleh areal pesawahan yang masih sangat alami. Secara astronomi Hotel Gedong Ayu terletak di 8o 38’ 26,75” LS, 115o 15’ 42” BT Selain itu lokasinya juga dekat dengan Pantai Padanggalak. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada peta di bawah ini:

View larger map

               Gedong Ayu Hotel berdiri pada Tahun 1995 di area yang luasnya 17,7 are. Hotel ini adalah sebuah bisnis keluarga Ida Bagus Anom Somiana beserta 2 orang adiknya. Nama Gedong Ayu sendiri diambil dari nama adik perempuannya yaitu Ayu Gedong. Selain Hotel ini keluarga Ida Bagus Anom Somiana  juga mendirikan sebuah kolam renang umum Tirta Ayu yang terletak tidak jauh dari Hotel Gedong Ayu. Jumlah kamar yang disediakan oleh Hotel ini adalah sebanyak 14 buah kamar dengan masing-masing luas kamar 6×4 m2, yaitu sekitar 24 m2.

                                                      

                 Hotel ini memiliki 3 areal bangunan utama, yaitu bangunan reseptionist di bagian depan ( sebelah Timur), banguan 8 kamar hotel yang berlantai 2 (dua)  di bagian utara dan bangunan 6 kamar hotel lainnya di area bagian barat dan selatan. Selain itu untuk para tamu yang membawa kendaraan, disediakan garasi mobil yang aman. Pada tampilan depan anda akan menemukan tempat reseptionist yang cukup luas yang menonjolkan  konsep arsitektur bangunan Bali lengkap dengan ukiran-ukiran dan pahatan batu merah dan pasras.  Di depan bangunan reseptionis ini terdapat tanman mini yang didominasi sebuah Pohon Mangga yang sangat rindang sehingga walaupun berada di daerah pantai dan persawahan, kesejukan masih dapat dirasakan. Furniture yang digunakan seperti kursi dan meja pada bangunan ini juga menggunakan bahan kayu dan bambu yang terkesan sangat alami dan nyaman. Memasuki area Hotel anda akan disambut sebuah gapura besar yang terbuat dari bata merah dan paras khas bali, yang akan menghantarkan anda langsung melihat taman Hotel yang didominasi pepohonan tropis seperti kelapa dan jepun, selain rerumputan hijau yang terawat.

              Bangunan pertama yang bisa anda lihat setelah memasuki gapura megah adalah sebuah bangunan hotel yang berlantai dua dengan 8 kamar. Dimana pembagian kamarnya adalah di lantai dasar terdapat 4 buah kamar dan di lantai atas (lantai 2) terdapat 4 kamar. Bagunan ini didominasi oleh warna putih dan coklat yang mengesankan suasana yang hangat. Seperti kamar-kamar lainnya pada kamar ini juga menyediakan fasilitas berupa AC, TV 14 inch, lemari besar, meja rias, bathtub, shower, air panas dan dingin, wastafel dan beranda yang dilengkapi tempat duduk dan meja kayu yang dapat digunakan sebagai tempat bersantai sembari melihat pemandangan taman yang berada di pusat area hotel.

                                                    

               Pada area barat dan timur terdapat pula bangunan hotel yang hanya terdiri dari satu lantai. Bentuk arsitektur bangunan hotel pada area ini sedikit berbeda dengan bangunan hotel sebelumnya, dimana masing-masing kamar berdiri sendiri. Jadi masing-masing kamar memiliki space dan tidak berhubungan dengan kamar laian, seperti pada banguna villa. Namun luas dan fasilitas ang dimiliki kamar ini sendiri sama dengan yang dimiliki kamar pada bangunan hotel sebelumnya yaitu berupa AC, TV 14 inch, lemari besar, meja rias, bathtub, shower, air panas dan dingin, wastafel dan beranda yang dilengkapi tempat duduk dan meja kayu.

                                                     

             Design ruangan ( interior) dari masing-masing kamar hampir sama, dengan didominasi warna cat putih dan perabotan yang terbuat dari kayu. Untuk bed (tempat tidur) terdapat dua pilihan yang disediakan, double bed atau single bed. Untuk double bed, kamar akan disediakan dua buah tempat tidur yang berkuang single dan untuk kamar single bed akan disediakan sebuah tempat tidur yang berukuran double. Selai itu pada kamar dengan sebuah bed double disediakan 2 buah kursi dan sebuah meja tembahan. Pada masing-masing kamar juga di sediakan kamar mandi yang luas yang didominasi warna putih dan crem.

             Tarif dari masing-masing kamar diatas dibandrol Rp 250.000,00 per malam. Dan untuk melakukan resrvasi dapat dilakukan dengan langsung mengunjungi Hotel Gedong Ayu atau melalui,

TELP: (0361) 286151

FAX: (0361) 282647

              Untuk konsumsi Hotel Gedong Ayu tidak menyediakan apapun. Tapi tidak usa khawatir karena disekitar hotel banyak terdapat tempat makan baik restaurant maupun rumah makan biasa. Misalnya Wr. Pencar yang berada sekitar 300 m dan tempat makan di sepanjang jalan menuju Pantai Padanggalak. Selain menamurnya tempat makan juga terdapat beberapa tepat wisata yang dapat dikunjungi seperti Barong Dance, Desa Budaya Kertalangu, dan Pantai Padanggalak. Barong dance merupakan salah satu tempat pementasan Tarian Bali yang berjarak sekitar 1 km dari Hotel Gedong Ayu. Dan Desa Budaya Kertalangu sendiri merupakan tempat rekreasi alam yang menyediakan fasilitas memancing, restaurant, spa, jogging track, pusat oleh-oleh dan peternakan madu.